Oleh: Ramadhan | Desember 29, 2009

Harapan Lansia Menjelang Kematian

Pertanyaan yang diajukan :

  1. perlakuan seperti apakah yang Anda harapkan dari anak dan cucu Anda?
  2. perlakuan seperti apakah yang Anda harapkan dari masyarakat disekitar Anda?
  3. perlakuan seperti apakah yang Anda harapkan dari lansia lainnya?
  4. perlakuan seperti apakah yang Anda harapkan dari tenaga kesehatan?
  5. perlakuan seperti apakah yang Anda harapkan dari pemerintah?

Jawaban Responden :

Resp-1 (inisial : S, umur : 63 tahun, sex : P, status : kawin )

1. Saya ingin menghabiskan sisa waktu saya bersama dengan anak dan cucu saya.

2. Saya berharap agar masyarakat dapat senantaisa menciptakan keamanan dan ketentraman.

3. Saya berharap kami dapat saling bertukar pengalaman.

4. Bila saya sakit saya ingin segera ditangani dengan cepat dan tepat.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat lebih peduli terhadap lansia.

Resp-2 ( inisial : S, umur : 66 tahun, sex : L, status : kawin )

1. Saya ingin selalu diperhatikan dan tidak ingin berpisah dengan mereka.

2. Saya ingin dapat diterima dan diperlakukan dengan baik.

3. Saya ingin dapat berkumpul dan saling menguatkan dengan mereka.

4. Saya ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimalagar saya dapat terhindar dari penyakit.

5. Saya ingin agar pemerintah lebih memperhatikan dan mensejahterakan lansia.

Resp-3 ( inisial : N, umur : 67 tahun, sex : P, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya dapat merawat saya.

2. Saya ingin mereka dapat menghormati saya sebagai orang tua.

3. Saya ingin kami dapat saling menghargai.

4. Saya ingin agar tenaga kesehatan memiliki banyak program untuk kesehatan lansia.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat memberikan subsida dan jaminan bagi para lansia.

Resp-4 ( inisial : S, umur : 69 tahun, sex : L, status : kawin )

1. Saya ingin agar diperhatikan segala keperluan saya dan dapat dituruti keinginan saya.

2. Saya ingin agar masyarakat dapat mengakui keberadaan saya.

3. Saya berharap bisa sering bertemu dengan para lansia lainnya.

4. Saya ingin agar tenaga kesehatan dapat memperlakukan saya sebagai manusia seutuhnya.

5. Saya ingin jasa-jasa saya dihargai oleh pemerintah.

Resp-5 (inisial : D, umur : 72 tahun, sex : P, Status : janda )

1. Saya ingin selalu diperhatikan dan selalu ditemani oleh mereka.

2. Sebagai orang tua saya hanya ingin dihargai.

3. Saya ingin agar kami bisa saling mendukung.

4. Saya ingin tanaga kesehatan selalu menginformasikan hal-hal yang dapat bermanfaat bagi kesehatan lansia.

5. Saya berharap agar pemerintah dapat mengadakan kegiatan yang berguna bagi lansia.

Resp-6 ( inisial : M, umur : 69 tahun, sex : P, status : janda )

1. Saya ingin selalu dirawat dan dilayani dengan baik.

2. Saya ingin mendapatkan perlakuan yang sama dengan masyarakat lainnya.

3. Saya ingin kami dapat saling membantu dan saling menyayangi satu sama lain.

4. Saya ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat menyediakan modal usaha bagi lansia yang sudah pensiun.

Resp-7 ( inisial : K, umur : 62 tahun, sex : P, status : kawin )

1. Saya ingin dihormati dan mendapat kasih sayang dari mereka.

2. Saya ingin mendapatkan perlakuan yang sama dengan masyarakat lainnya.

3. Saya ingin kami dapat hidup rukun, dan saling mendukung.

4. saya ingin tenaga kesehatan dapat memberikan informasi yang benar tentang cara mempertahankan kesehatan.

5. Saya ingin pemerintah mengadakan program-program yang dapat berguna dan bermanfaat bagi lansia.

Resp-8 ( inisial : M, umur : 62 tahun, sex : L, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya dapat selalu ada disaat saya membutuhkan mereka.

2. Saya hanya ingin masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi lansia.

3. Saya ingin dapat sering berkumpul dan bercanda dengan mereka.

4. Saya ingin tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sama pada tiap orang tanpa membedakan status social.

5. Saya ingin pemerintah dapat memberikan penghargaan pada para lansia.

Resp-9 ( inisial : N, umur : 68 tahun, sex : L, status : duda )

1. Saya ingin anak dan cucu saya dapat melindungi dan merawat saya.

2. Saya ingin masyarakat dapat menghormati dan menghargai saya.

3. Saya ingin dapat hidup rukun bersama lansia lainnya.

4. Saya ingin tenaga kesehatan selalu mengingatkan lansia tentang kesehatan yang baik.

5. Saya ingin pemerintah dapat memberi penghargaan bagi para lansia.

Resp-10 ( inisial : P, umur 78 tahun, sex : P, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya hidup rukun dan patuh terhadap saya.

2. Saya ingin masyarakat dapat memperlakukan saya dengan ramah.

3. Saya ingin kami dapat saling menghargai dan saling memahami satu sama lain.

4. Saya ingin agar tenaga kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan yang baik bagi lansia.

5. Saya ingin pemerintah memberikan tunjangan pada lansia.

Resp-11 ( inisial : A, umur : 63 tahun, sex : P, status : Janda )

1. Saya ingin anak dan cucu saya salah satunya ada yang tinggal bersama saya agar ada yang membantu dan merawat saya.

2. Saya ingin masyarakat dapat mendengarkan apa kata lansia.

3. Saya ingin organisasi untuk lansia tetap diadakan agar saya agar saya dapat berkumpul dengan sesame dan mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat.

4. Bila saya sakit saya ingin agar tenaga kesehatan dapat mengobati saya sampai saya sembuh.

5. Saya ingin pemerintah dapat memperlakukan lansia seperti warga Negara lainnya.

Resp-12 ( inisial : K, umur : 77 tahun, sex : L, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya merawat saya tanpa merasa terbebani.

2. Saya ingin masyarakat dapat membantu saya dalam kegiatan bermasyarakat.

3. Saya ingin kami dapat saling mengunjungi.

4. Saya ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat mempedulikan nasip lansia.

Resp-13 ( inisial : M, umur : 69 tahun, sex : L, status :duda )

1. Saya ingin mendapat kasih sayang yang tulus dari mereka.

2. Saya ingin dapat diperlakukan dengan baik.

3. Saya ingin kami dapat saling menghormati.

4. Saya ingin tenaga kesehatan dapat memberikan kesehatan yang terbaik buat saya.

5. Saya ingin mendapat bantuan dari pemerintah.

Resp-14 ( inisial : H, umur : 61 tahun, sex : L, status : duda )

1. Saya ingin diperlakukan dengan adildan bijaksana.

2. Saya ingin dihormati dan dihargai.

3. Saya ingin kami dapat saling menghargai.

4. Saya ingin mereka dapat memberi pelayanan yang dapat meningkatkan kesejahteraan saya.

5. Saya ingin pemerintah dapat memberi subsidi bagi para lansia.

Resp-15 ( inisial : J, umur 66 tahun, sex : L, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya dapat merawat dan melindungi saya.

2. Saya ingin masyarakat dapat melibatkan lansia dalam tiap kegiatan yang ada.

3. Saya ingin dapat sering bertemu dan saling berbagi dengan sesama lansia.

4. Saya ingin mendapatkan pelayanan yang ramah.

5. Saya ingin pemerintah dapat mengingat perjuangan para lansia dimasa mudanya.

Resp-16 ( inisial : U, umur : 63 tahun, sex : P, status : kawin)

1. Saya ingin anak dan cucu saya selalu peduli dan tanggap terhadap kebutuhan saya.

2. Saya ingin masyarakat dapat berlaku adil pada lansia.

3. Saya ingin dapat bertemu dan berbagi dengan para lansia.

4. Saya ingin tenaga kesehatan dapat sabar dalam menghadapi lansia.

5. Saya ingin pemerintah dapat memberi bantuan dan dukungan pada lansia.

Resp-17 ( inisial : T, umur :66 tahun, sex : P, status : Kawin )

1. Saya ungun anak dan cucu saya dapat ingat dan perhatian pada saya.

2. Saya ingin dapat hidup rukun dalam bermasyarakat.

3. Saya ingin dapat hidup rukun dengan sesame lansia.

4. Saya ingin tenaga kesehatan dapat berperan aktif terhadap lansia.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat berlaju adil pada lansia.

Resp-18 ( inisial : D, umur : 73 tahun, sex : L, status :kawin )

1. Saya ingin agar mareka dapat menyayangi dan merawat saya dengan baik

2. Saya ingin agar masyarakat dapat menjaga keamanan dan kerukunan.

3. Saya ingin kami tetap menjaga tali silaturohim.

4. Saya ingin mereka dapat mengoptimalkan kesehatan saya.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat memberikan fasilitas untuk kegiatan lansia.

Resp-19 ( inisial : M, umur : 67 tahun, sex : P, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya selalu menemani saya.

2. Saya ingin masyarakat menganggap orang tua sebagai orang yang disegani.

3. Saya ingin dapat sering berbagi dengan lamsia lainnya.

4. Saya ingin agar tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang layak untuk lansia.

5. Saya ingin pemerintah menyediakan dana khusus untuk kesejahteraan lansia.

Resp-20 ( inisial : L,umur :67 tahun, sex : L, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya bisa meluangkan waktu untuk saya.

2. Saya ingin masyarakat bisa bertoleransi terhadap lansia.

3. Saya ingin dapat hidup rukun dan saling membantu.

4. Saya ingin agar tenaga kesehatan dapat membanyu saya terutama disaat saya sakit.

5. Saya ingin pemerintah dapat memberikan tunjangan hari tua bagi lansia

Resp-21 ( inisial : B,umur ;71 tahun, sex ; L, status : kawin )

1. Saya ingin agar anak dan cucu saya dapat merawat dan menemani saya.

2. Saya ingin agar saya tetap bisa aktif dalam kehidupan bermasyarakat.

3. Saya ingin tetap bertemu dan saling berbagi dengan mereka.

4. Saya ingin tenaga kesehatan selalu peduli dan tanggap terhadap kesehatan lansia.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat menghargai lansia.

Resp-22 ( inisial : L, umur :65 tahun, sex: P, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya dapat selalu peduli sama saya.

2. Saya ingin agar masyarakat dapat memperlakukan lansia dengan sebagaimana mestinya.

3. Saya ingin selalu rukun dengan mereka.

4. saya ingin mereka dapat merawat saya dengan sabar dan tlaten.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat memberikan bantuan pada para lansia.

Resp-23 ( inisial : H, umur : 69 tahun, sex : P, status : kawin )

1. Saya ingin anak dan cucu saya hidup rukun dan patuh terhadap saya.

2. Saya ingin agar masyarakat dapat memperlakukan saya dengan selayaknya.

3. Saya berhsrsp agar kami dapat saling memberi informasi tenteng hal-hal yang dapat bermanfaat bagi sesame lansia.

4. Bila saya sakit saya ingin agar tenaga kesehatan dapat mengobati saya sampai saya sembuh.

5. Saya ingin agar pemerintah dapat mempedulikan nasip lansia.

Resp-24 ( inisial : F, umur : 70 tahun, sex : L, status :kawin )

1. Saya ingin diperlakukan dengan adil dan bijaksana.

2. Saya ingin mendapatkan perlakuan yang sama dengan masyarakat lainnya.

3. Saya ingin tetap bertemu dan saling berbagi dengan mereka.

4. Saya ingin tenaga kesehatan dapat sabar dalam menghadapi lansia.

5. Saya berharap agar pemerintah dapat mengadakan kegiatan yang berguna bagi lansia.

Resp-25 ( inisial : D, umur : 64 tahun, sex :L, status : kawin )

1. Saya ingin dihormati dan mendapat kasih sayang dari mereka.

2. Saya hanya ingin masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi lansia.

3. Saya ingin kami dapat saling menghargai.

4. Saya ingin agar tenaga kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan yang baik bagi lansia.

5. Saya ingin pemerintah mengadakan program-program yang dapat berguna dan bermanfaat bagi lansia.


Tinggalkan Balasan

Kategori

