Oleh: Ramadhan | Oktober 3, 2009

harapan lansia terhadap hubungan antar manusia

DISUSUN OLEH :

( RIKA LUTFIATI / 07.40.039 )

PEMBIMBING : ERFANDI, SKep.Ns

MINI RISET TENTANG

HARAPAN LANSIA TERHADAP HUBUNGAN ANTAR MANUSIA

Pertanyaan yang diajukan :

  1. Bagaimana hubungan anda dengan keluarga anda ?
  2. Hubungan yang seperti apa yang anda inginkan dengan keluarga anda ?
  3. Kalau dengan masyarakat sekitar, bagaimana hubungan anda ?
  4. Pada masyarakat sekitar anda, adakah perbedaan hubungan atau bisa dikatakan kesenjangan hubungan antara lansia dengan orang dewasa lanjut atau dewasa muda?
  5. Pada daerah tertentu biasanya lansia lebih banyak dikurung atau diam dirumah, bagaimana pendapat anda tentang hal tersebut ?
  6. Bagaimana harapan anda mengenai hubungan antar manusia ?

JawabanResponden :

  • RESPONDEN 1 ( Tn. B / 77th / L / kawin )
  1. Sejauh ini hubungan saya dengan keluarga baik – baik saja tetapi kadang ada perbedaan pendapat dan menimbulkan konflik, tetapi setelah dimusyawarahkan kembali dan diberi pengertian hubungan kami akan seperti semula.
  2. Saya kira hubungan saya dengan keluarga sudah menjadi harapan saya karena kami selalu menyempatkan diri untuk berkumpul untuk berbicara jika ada permasalahan yang harus dipecahkan bersama. Meskipun kadang terjadi sedikit salah faham diantara kami.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar cukup baik, hal itu bisa saya buktikan dengan saya mengikuti acara pengajian bersama setiap minggu, dan saya juga mengikuti kalau didaerah saya ada kegiatan.
  4. Kalau didaerah saya tidak ada perbedaan yang menonjol antara lansia dengan dewasa lanjut atau dewasa muda karena disetiap acara pasti kami semua mengikuti, misalnya saja pengajian.
  5. Kalau mengenai lansia yang dikurung atau berdiam diri dirumah, saya sangat tidak setuju karena melanggar haknya sebagai manusia.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia adalah, saya mengharapkan hubungannya tidak ada kesenjangan, maksudnya yaitu agar menghormati hak – hak para lansia dan tidak mengurungnya dirumah.
  • RESPONDEN 2 ( Tn. S / 68th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga baik karena saya tidak serumah dengan anak – anak saya yang telah berkeluarga, saya hanya berdua dengan istri saya.
  2. Hubungan yang saya inginkan dengan keluarga adalah saya menginginkan hubungan yang lebih banyak berkumpul, tidak seperti saat ini anak – anak saya sibuk dengan pekerjaan mereka. Memang materi kami terpenuhi tapi batin kami sebagai orang tua rasanya kok nelangsa.
  3. Kalau hungan saya dengan masyarakat sekitar cukup baik, karena saya orangnya mudah bergaul dan tidak pilih – pilih.
  4. Pada masyarakat sekitar saya, ada sedikit perbedaan hubungan antara lansia dan dewasa muda, karena para lansia lebih banyak di rumah sedangkan para dewasa muda waktu mereka lebih banyak tersita ditempat kerja.
  5. Saya tidak setuju jika lansia dikurung saja didalam rumah, karena mereka masih butuh sosialisasi dengan masyarakat sekitar.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia adalah agar hubungannya harmonis, tidak saling cek cok, jika terjadi beda pendapat lebih baik dibicarakan bersama daripada saling menjelek – jelekkan dibelakang.
  • RESPONDEN 3 ( Tn. A / 60th / L / kawin
  1. Hubungan saya dan keluarga agak kurang baik karena kami tidak dapat berkumpul semua karena saya dan istri saya sudah bercerai dan kami menikah lagi. Dua anak saya ikut ibunya dan satu orang ikut saya.
  2. Meskipun saya sudah bercerai, saya tetap menginginkan hubungan keluarga kami tetap terjalin dengan baik.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar cukup baik, kami saling menghormati hubungan antar masyarakat, dan saling menghargai hak – hak antar masyarakat.
  4. Pada masyarakat sekitar saya tidak ada perbedaan hubungan, karena di daerah saya sangat menghormati dan menjunjung tinggi hak – hak masing – masing.
  5. Kalau menurut saya mereka keluarga dari lansia tersebut pasti mempunyai alasan tertentu kenapa lansia tersebut harus didalam rumah saja, misalnya saja lansia yang mengalami pikun. Jika lansia tersebut dibiarkan keluar rumah, bukannya akan tambah merepotkan semua orang.
  6. Harpan saya tentang hubungan antar manusia, agar hubungannya dapat terjaga dengan baik, dan saling menghormati hak – hak antar manusia.
  • RESPONDEN 4 ( Ny. W / 74th / P / janda )
  1. Hubungan saya dengan keluarga baik, tetapi memang kadang – kadang ada salah faham tetapi Cuma sebentar.
  2. Saya kira hubungan seperti ini sudah cukup bagi saya yang sudah tua ini, berkumpul bersama anak dan cucu.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar cukup baik, kami saling menghormati satu sama lain.
  4. Disekitar saya ada sedikit perbedaan hubungan antar masyarakat, karena ada sekelompok orang yang cukup berada kurang bersosialisasi dengan masyarakat sekitarnya yang kurang mampu.
  5. Saya sangat tidak setuju sekali kalau lansia dikurung saja dirumah karena lansia juga butuh berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya.
  6. Harapan saya mengenai hubungan antar sesama manusia adalah agar dalam hubungan tersebut tidak ada kesenjangan agar terjalin hubungan antar masyarakat yang rukun.
  • RESPONDEN 5 ( Ny. T / 69th / P / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga baik, memang kadang ada sedikit pertengkaran. Tetapi itu hanya sebentar, kemudian hubungan kami akan membaik lagi.
  2. Saya kira hubungan saya dengan keluarga seperti saat ini sudah menjadi harapan saya, berkumpul bersama anak cucu.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sudah cukup baik, tetapi kadang ada selisih faham.
  4. Dimasyarakat sekitar saya tidak ada kesenjangan hubungan karena kami saling menghargai dan menghormati antar masyarakat.
  5. Saya tidak setuju kalau lansia dikurung saja didalam rumah, karena menurut saya lansia juga butuh berinteraksi dengan tetangga. Dan jika itu dilakukan maka melanggar hak kebebasan dari lansia tersebut.
  6. Harapan saya mengenai hubungan antat manusia adalah aga terjalin hubungan masyarakat yang rukun dan tidak ada perbedaan.
  • RESPONDEN 6 ( Ny. K / 76th / P / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga kurang baik karena saya sering bertengkar dengan anak dan suami saya. ( alasannya dirahasiakan oleh narasumber )
  2. Saya mengharapkan hubungan yang rukun dengan keluarga saya, tidak seperti saat ini.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar kurang baik, karena tetangga saya banyak yang tidak suka dengan anak dan suami saya.
  4. Dimasyarakat sekitar saya sangat kelihatan sekali kesenjangan hubungan antara yang kaya dan miskin.
  5. Saya setuju sekali, karena jika lansia itu pikun atau tuli dia akan merepotkan keluarganya yang lain.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia adalah tidak ada kesenjangan hubungan antar masyarakat agar tidak terjadi saling permusuhan.
  • RESPONDEN 7 ( Ny. N / 69th / P / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik, tetapi kadang – kadang ada pertengkaran namun tidak berlangsung lama, setelah dibicarakan dan dicari jalan keluarnya maka hubungan kami membaik lagi.
  2. Saya pikir hubungan saya dengan keluarga sudah menjadi harapan saya meskipun kadang terjadi pertengkaran, tetapi menurut saya itu adalah hal yang wajar terjadi dalam berkeluarga.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar juga cukup baik, karena setiap ad kegiatan didaerah saya menyempatkan diri untuk mengikutinya. Misalnya saja pengajian rutin tiap minggu yang diadakan di daerah saya.
  4. Pada masyarakat sekitar saya tidak ada perbedaab yang mencolok, tetapi memang frekuensi bertemu para lansia lebih sering dibandingkan dengan dewasa muda atau dewasa tua.
  5. Saya setuju jika alasannya mendukung, misalnya jika lansianya pikun. Jika dibiarkan saja kewluar rumah maka akan mengakibatkan lansianya itu bisa hilang karena tidak tahu jalan pulang dan akan merepotkan semua keluarga bahkan para tetangga.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia adalah agar saling menghargai dan menghormati, meskipun para lansia mereka juga masih mempunyai hak- hak yang harus dihargai dan dihormati.
  • RESPONDEN 8 ( Tn. D / 80th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik walaupun kadang – kadang ada perbedaan pendapat satu sama lain.
  2. Yang saya inginkan adalah hubungan yang harmonis dan tidak ada pertengkaran.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar cukup baik.
  4. Dimasyarakat sekitar saya ada perbedaan hubungan, karena para dewasa muda dan dewasa tua masih aktif bekerja sehingga waktu untuk berinteraksi denagan tetangga itu lebih sedikit, sedangkab para lansia seperti saya waktu kami lebih banyak dirumah jadi kita bisa sering berinteraksi dengan tetangga.
  1. Saya tidak setuju jika lansia dikurung atau hanya berdiam diri dirumah, karena meskipun sudah lanjut usia kami masih membutuhkan interaksi.
  2. Harapan saya tentang hubungan antar sesame manusia adlah agar tidak ada perbedaan antara para lansia dengan dewasa muda atau lanjut agar tercipta kerukunan antar manusia.
  • RESPONDEN 9 ( TN. P / 66th / L / duda )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik.
  2. Hubungan yang saya inginkan dengan keluarga adalah hubungan yang rukun dan harmonis dan berkumpul bersama anak dan cucu.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat juga cukup baik,karena jika ada kegiatan dimasyarakat saya juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu.
  4. Pada masyarakat sekitar tempat tinggal saya tidak ada kesenjanga hubungan antar sesama.
  5. Saya kurang setuju karena melanggar hak kebebasan dari lansia yang dikurung didalam rumah saja.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia agar saling menghormati hak – hak orang lain, meskipun hak lansia juga tetap harus dihormati.
  • RESPONDEN 10 ( Tn. J / 60th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga kurang baik, sering terjadi pertengkaran diantara kami.
  2. Hubungan yang saya harapkan adalah hubungan tang rukun dan tidak terjadi pertengkaran.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat cukup baik, meskipun saya lebih banyak berdiam diri dirumah.
  4. Dimasyarakat sekitar saya tidak perbedaan hubungan antara lansia,dewasa tua ataupun dewasa muda.
  5. Saya setuju sekali karena jika dibiarkan keluar rumah maka akan merepotkan keluarga yang lain.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar masyarakat adalah hubungan yang tidak ada kesenjangan dan saling menghormati dan menghargai hak – hak orang lain.
  • RESPONDEN 11 ( Tn. M / 84th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik, memang kadang terjadi pertengkaran.
  2. Hubungan yang saya inginkan dengan keluarga adalah hubungan keluarga yang utuh dan rukun.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar kurang baik, karena saya menyadari saya kurang berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
  4. Pada masyarakat sekitar saya tidak ada perbedaan yang Nampak, tetapi didaerah saya banyak yang ‘ngeblok’ atau kata kerennya ‘ngegank’. Tetapi itu terjadi pada kalangan – kalangan tertentu saja.
  5. Saya setuju dengan hal tersebut, karena jika para lansia tersebut dibiarkan keluar rumah sendiri dan ternyata pikun maka akan mengakibatkan merepotkan keluarganya..
  6. Harapan saya mengenai hubungan antar manusia adalah agar tercipta hubungan yang rukun dan saling menghormati antar sesama manusia, tidak peduli pada lansia, remaja, anak – anak ataupun orang dewasa.
  • RESPONDEN 12 ( Tn. G / 66th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengn keluarga cukup baik, tetapi memang kadang saya kurang dapat mengontrol emosi saya, sehingga memicu pertengkaran.
  2. Harapan saya pada hubungan dikeluarga adalah agar keluarga kami rukun dan tidak terjadi pertengkaran lagi.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar saya rasa cukup baik, tetapi memang saya kurang bersosialisasi dengan tetangga saya.
  4. Saya rasa tidak ada perbedaan yang mencolok di daerah saya, karena masyarakat sekitar saya sangat menghargai dan menghormati satu sama lain. Jadi saya pikir tidak ada kesenjangan hubungan didaerah saya.
  5. Saya tidak setuju, karena menurut saya hal tersebut melanggar hak – hak para lansia.
  6. Harapan saya stentang hubungan antar manusia adalah agar tercipta hubungan yang rukun dan damai, tidak terjadi permusuhan dan keributan.
  • RESPONDEN 13 ( Ny. L / 70th / P / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik walaupun kadang ada pertengkaran kecil tetapi itu Cuma sebentar saja.
  2. Saya rasa hubungan saya dengan keluarga saat ini sudah menjadi harapan saya, meskipun tidak ada yang sempurna didunia ini.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar juga cukup baik, kami saling menghargai dan menghormati satu sama lain.
  4. Pada masyarakat sekitar saya juga tidak ada kesenjangan hubungan karena kami menghargai hak – hak masing – masing.
  5. Saya tidak setuju kalau lansia dikurung didalam rumah, karena meskipun sudah lansia kami masih membutuhkan hiburan, masih butuh bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia adalah agar semua menghormati hak orang lain dan agar semua bisa hidup rukun dan tidak terjadi permusuhan.
  • RESPONDEN 14 ( Ny. N / 60th / P / kawin )
  1. Hubungan saya dan keluarga cukup baik, tetapi saya sering tidak bisa mengendalikan diri sehingga menimbulkan pertengkaran.
  2. Saya mengharapkan hubungan yang rukun dan saling jujur dan [ercaya satu sama lain.
  3. Hubungan saya dengan masyarakay sekitar cukup baik.
  4. Pada masyarakat sekitar tidak ada perbedaan atau kesenjangan hubungan.
  5. Saya tidak setuju jika lansia dikurung didalam rumah saja karena melanggar hak kemerdekaan untuk bebas menentukan pilihan.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia adalah agar terciptanya hubungan yang saling menghormati dan rukun satu sama lain.
  • RESPONDEN 15 ( Ny .T / 66th / P / janda )
  1. Hubungan saya dan keluarga cukup baik.
  2. Saya menginginkan hubungan dengan keluarga yang rukun dan berkumpul semua anak dan cucu.
  3. Dengan masyarakat sekitar hubungan saya cukup baik.
  4. Pada masyarakat sekitar saya tidak ada kesenjangan hubungan karena kami saling menghormati antar masyarakat.
  5. Saya tidak setuju jika lansia dikurung saja didalam rumah karena para lansia juga butuh hiburan yaitu salah satunya dengan keluar rumah tersebut.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia, agar manusia semua hidup rukun dan damai, tidk ada permusuhan dan pertengkaran.
  • RESPONDEN 16 ( Ny. W / 77th / P / janda )
  1. Hubungan saya dengan keluarga kurang baik, karena anak saya tidak setuju kalau ada seseorang yang akan menikahi saya.
  2. Saya sebenarnya menginginkan hubungan dengan keluarga itu rukun tidak ada saling permusuhan dan pertengkaran.
  3. Hubungan saya dan masyarakat sekitar cukup baik, hanya saja ada sebagian kecil tetangga saya yang tidak suka dengan saya. Mereka masih beranggapan kalau janda itu mempunyai nilai negative dihadapan semua orang.
  4. Oada masyarakat sekitar saya tidak ada kesenjangan hubungan, semuanya sama.
  5. Saya tidak setuju kalau lansia hanya dikurung didalam rumah saja, karena para lansia masih butuh bersosialisasi dengan tetangganya yang lain.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia, agar semuanya bisa hidup rukun dan damai, tidak ada pertengkaran ataupun permusuhan.
  • RESPONDEN 17 ( Ny. M / 61th / P / kawin )
  1. Hubungan saya dan keluarga cukup baik, tetapi kadang saya bertengkar dengan suami dan anak saya.
  2. Yang saya harapkan adalah hubungan yang rukun dan tidak saling bertengkar, tetepi hubungan saya seperti saat ini sudah menjadi keinginan saya.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar sudah cukup baik, saya juga mengikuti kegiatan yang ada didaerah saya walaupun saya sudah tua seperti ini.
  4. Pada masyarakat sekitar saya tidak ada perbedaan hubungan atau tidak ada kesenjangan anatra masyarakat satu dengan lainnya.
  1. Saya tidak setuju jika lansia dikurung saja didalam rumah, karena itu melanggar hak kebebasan para lansia tersebut.
  2. Harapan saya tentana hubungan antar manusia adalah agar semua dapat hidup rukun dan tidak membeda – bedakan hubungan dengan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan.
  • RESPONDEN 18 ( Tn. D / 76th / L / duda )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik, saya senang karena saya bisa berkumpul bersama anak dan cucu.
  2. Hubungan seperti ini sudah lebih dari cukup menurut saya, karena diusia saya yang tidak muda lagi ini saya bisa berkumpul dengan anak dan cucu.
  3. Saya rasa hubungan saya dengan masyarakat cukup baik, karena saya mengikuti kegiatan yang ada di daerah saya misalnya saja pengajian setiap hari kamis.
  4. Didaerah saya tidak ada perbedaan hubungan ataupun kesenjangan hubungan antar masyarakat.
  5. Saya tidak setuju kalau para lansia dikurung saja didalam rumah, karena biarpun sudah tua para lansia seperti saya ini masih butuh bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia adalah agar terciptanya masyarakat yang rukun dan tidak terjadi perpecahan.
  • RESPONDEN 19 ( Tn. N / 66th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dan keluarga cukup baik, memang kadang – kadang terjadi pertengkaran diantara kami.
  2. Hubungan seperti ini sebenarnya sudah cukup saya inginkan, tetapi memang didunia ini tidak ada yang sempurna.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar juga cukup baik, terbukti dengan saya mengikuti kegiatan yang ada didaerah saya misalnya pengajian dan ronda malam.
  4. Pada masyarakat sekitar saya tidak ada perbedaan hubungan, karena kami saling menghormati satu sama lain walaupun kami sama – sama mempunyai perbedaan, misalnya perbedaan agama.
  1. Saya tidak setuju jika para lansia dikurung daja didalam rumah, karena kami semua mempunyai untuk bebas dan berinteraksi satu sama lain.
  2. Harapan saya tentang hubungan antar manusia adalah agar semua saling menghormati dan menghargai satu sama lain agar tercipta saling kerukunan antar masyarakat.
  • RESPONDEN 20 ( Tn. SR / 65th / L / duda )
  1. Hubungan saya dan keluarga cukup baik karena saya dapat berkumpul dengan keluarga saya, kadang memang terjadi pertengkaran.
  2. Hubungan seperti saat ini sudah menjadi harapan saya dimasa tua ini.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar saya rasa sudah cukup baik.
  4. Dimasyarakat sekitar saya tidak ada perbedaan hubungan ataupun kesenjangan hubungan.
  5. Saya tidak setuju jika para lansia dikurung saja didalam rumah karena melanggar hak kebebasan lansia untuk berinteraksi dengan sekitarnya.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia, agar semua dapat hidup rukun dan damai, tidak terjadi perselisihan dan permusuhan.
  • RESPONDEN 21 ( Tn. SM / 62th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga baik, tetapi kadang terjadi perdebatan diantara kami.
  2. Mungkin hubungan seperti saat ini sudah cukup menjadi harapan saya dan keluarga.
  3. Hubungan saya dengan masyarakat sekitar agak kurang baik karena didaerah saya ada yang hanya mau berteman dengan yang selevel atau memilih – milih bergaulnya.
  4. Didaerah saya ada sedikit perbedaan atau kesenjangan hubungan antara masyarakat satu dengan lainnya.
  5. Saya tidak setuju kalau lansia dikurung saja didalam rumah karena lansia juga butuh berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar masyarakat adalah agar tidak terjadi perbedaan atau kesenjangan hungan, karena hal tersebut dapat menimbulkan perpecahan antar masyarakat.
  • RESPONDEN 22 ( Tn. AS / 77th / L / duda )
  1. Hubungan saya dan keluarga cukup baik.
  2. Hubungan seperti ini sudah menjadi harapan saya.
  3. Hubungan dengan masyarakat sekitar sudah jauh lebih baik dari yang dahulu.
  4. Dimasyarakat saya tidak ada perbedaan atau kesenjangan, karena semua saling menghormati satu sama lain.
  5. Saya tidak setuju jika para lansia dikurung saja didalam rumah karena dapat membuat lansia stress, karena lansia juga memerlukan hiburan.
  6. Harapan saya tentang hubungan antar manusia, agar semua saling menyayangi dan menghormati satu sama lain.
  • RESPONDEN 23 ( Tn. MS / 80th / L / duda )
  1. Hubungan saya dan keluarga baik sekali, karena semua anak dan cucu berkumpul dan sayang sama kakeknya.
  2. Hubungan seperti ini sudah menjadi harapan saya sejak lama.
  3. Hubungan dengan masyarakat baik, mereka semua menghormati hak – hak saya.
  4. Pada masyarakat sekitar tidak ada perbedaan hubungan. Mereka semua saling menghormati hak masing – masing.
  5. Saya tidak setuju jika lansia dikurung saja didalam rumah karena melanggar hak dari lansia tersebut.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia agar manusia saling memghormati hak masing – masing agar tercipta hubungan antar masyarakat yang rukun dan damai.
  • RESPONDEN 24 ( Tn. SH / 63th / L / kawin )
  1. Hubungan saya dengan keluarga cukup baik dan kadang terjadi pertengkaran tetapi masih dalam batas kewajaran.
  2. Saya rasa hubungan seperti ini sudah menjadi harapan saya.
  3. Hubungan saya dan masyarakat sekitar cukup baik karena kami saling menghormati dan menghargai satu sama lain.
  4. Dimasyarakat sekitar saya tidak ada perbedaan atau kesenjangan hubungan, karena kami saling menghargai hak orang lain, dan saling membantu jika ada masyarakat yang memerlukan bantuan.
  5. Saya tidak setuju jika lansia dikuring didalam ruma saja, karena melanggar hak kebebasan para lansia.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia agar semua saling hidup rukun dan saling menghormati agar tidak terjadi permusuhan.
  • RESPONDEN 25 ( Tn. KS / 79th / L / duda )
  1. Hubungan saya dan keluarga baik – baik saja, karena disisa – sisa hidup saya bisa berkumpul bersama anak dan cucu saya.
  2. Hubungan seperti ini sudah menjadi harapan saya sejak lama, yaitu berkumpul bersama keluarga.
  3. Hubungan dengan masyarakat sudah cukup baik, mereka semua menghormati hak saya sebagai lansia.
  4. Pada masyarakat sekitar, tidak ada kesenjangan hubungan antar masyarakat.
  5. Saya tidak setuju jika lansia dikurung didalam rumah saja karena melanggar hak kebebasan para lansia tersebut.
  6. Harapan saya pada hubungan antar manusia, agar semua dapat saling menghargai dan menghormati agar tidak terjadi perpecahan.

Dari data yang diambil dari 25 responden diatas dan semua responden diberi 6 pertanyaan yang sama maka dapat ditarik kesimpulan bahwa,harapan lansia tentang hubungan antar manusia adalah :

  • Agar masyarakat dapat hidup rukun.
  • Agar masyarkat saling menghargai satu sama lain.
  • Agar masyarakat saling menghormati hak – hak orang lain.
  • Agar tidak terjadi perpecahan antar masyarakat.
  • Agar tidak terjadi kesenjangan hubungan.
  • Agar tidak membeda – bedakan status.
Tinggalkan Balasan

Kategori

