Oleh: Ramadhan | Oktober 2, 2009

harapan lansia terhadap ritual kematian

HARAPAN LANSIA TERHADAP RITUAL KEMATIAN.doc

DISUSUN OLEH:

( RANI WAHYU INDASARI / 07.40.038)

PEMBIMBING: ERFANDI

Pertanyaan yang diajukan:

  1. Ritual kematian apakah yang Anda harapkan?
  2. Ritual kematian apakah yang Anda harapkan dari keluarga?
  3. Ritual kematian apakah yang Anda harapkan dari masyarakat?
  4. Ritual kematian apakah yang Anda harapkan sesuai dengan agama Anda?
  5. Ritual kematian apakah yang Anda harapkan dari petugas kesehatan?

Jawaban Responden:

Resp-1 : (Inisial:Tn. M, Umur: 66th, Sex: L, status: Kawin)

  1. Harapaan saya saat meninggal di mandikan, dikafani dan di sholatkan.
  2. Saya ingin keluarga mendoakan saya.
  3. Harapan saya masyarakat mau memandikan dan mendoakan saya juga memaafkan kesalahan-kesalahan saya semasa hidup.
  4. Saya ingin disholatkan.
  5. Jika saya meninggal di rumah sakit saya berharap di urus dengan wajar dan baik.

Resp-2 : (Inisial:Tn. S, Umur: 76th, Sex: L, status: Duda)

  1. Harapan saya di urus dengan baik sesuai ajaran yang berlaku agama islam.
  2. Keluarga saya tidak berebut warisan.
  3. Masyarakat mau mengantar saya sampai makam saya nanti.
  4. Saya ingin disholatkan dan dimakamkan dengan baik.
  5. Saya ingin dirawat dengan baik walaupun saya meninggal.

Resp-3 : (Inisial:Ny S, Umur: 67th, Sex: P, status: kawin)

  1. Saya ingin di makamkan dengan baik dan ingin di doakan di gereja.
  2. Keluarga saya tidak sedih dan ikhlas dengan saya pergi dan mendoakan saya terus.
  3. Masyarakat mau memakamkan saya.
  4. Saya ingin meninggal secara suci dan diterima Bapa di surga.agama saya protestan.
  5. Saya ingin diperlakukan dengan baik.

Resp-4 : (Inisial:Ny J, Umur:78th, Sex: P, status: Janda)

  1. Harapan saya dimandikan dan di makamkan dekat suami saya.
  2. Saya ingin keluarga saya memaafkan kesalahan saya dan mendoakan saya terus.
  3. Semoga lingkungan mau membantu dan mendoakan saya nanti.
  4. Saya ingin meninggal dalam keadaan tumakninah dan di urus sesuai ajaran Islam.
  5. Saya tidak ingin ditelantarkan walaupun saya telah meninggal di rumah sakit dan diperlakukan secara wajar dan baik.

Resp-5 : (Inisial:Ny K, Umur:68th, Sex: P, status: Kawin)

  1. Sesuai ajaran agama.
  2. Di doakan setiap hari dan disekar makam saya.
  3. Disholatkan dan diantar ke makam.
  4. Dimandikan di kafani disholatkan dan dimakamkan secara layak.
  5. Jika meninggal di rumah sakit saya ingin dibawa pulang ke rumah saya.

Resp-6 : (Inisial:Tn W, Umur:70th, Sex: L, status: Kawin)

  1. Sesuai agama islam.
  2. Saya dimakamkan dan didoakan dan dimakamkan dekat sodara-sodara saya.
  3. Mau memaafkan kesalahan-kesalahan saya.
  4. Dimandikan, dibungkus mori saya disholatkan dan dikubur.
  5. Saya diperlakukan wajar.

Resp-7 : (Inisial:Tn A, Umur:72th, Sex: L status: Duda)

  1. Setelah saya meninggal di selamati sampai 1000 hari.
  2. Anak-anak saya rukun dan selalu mendoakan saya.
  3. Tetangga mau datang melayat.
  4. Disholati.
  5. Saya diperlakukan seperti selayaknya meninggal di rumah saya sendiri.

Resp-8 : (Inisial:Tn O, Umur:69th, Sex: L, status: kawin)

  1. Dimakamkan dekat orangtua saya dan diselamati sampai 7hari.
  2. Anak-anak saya datang semua dan mendoakan saya.
  3. Mereka berdoa untuk saya dan melayat.
  4. Saya ingin dituntun dengan kalimat “ALLAH”.
  5. Memperlakukan saya dengan baik.

Resp-9 : (Inisial:Ny A, Umur:77th, Sex: P status: Janda)

  1. Saya ingin sebelum meninggal dibacakan alQur’an dulu agar dosa saya hilang.
  2. Keluarga ikhlas dan rukun.
  3. Mau mesholatkan dan memaafkan saya selama hidup.
  4. Harpan saya saya meninggal dimandikan dibungkus mori dan dikubur.
  5. Jika meninggal di rumah sakit saya diperlakukan dengan baik.

Resp-10 : (Inisial:Ny M, Umur:64th, Sex: P status: Kawin)

  1. Saya berharap meninggal dengan ditunggui anak dan cucu saya.
  2. Harapan saya keluarga ikhlas dan memakamkan saya dekat dengan orang tua saya.
  3. Tetangga mendoakan saya dan membantu mengubur saya.
  4. Saya berharap disholatkan oleh orang banyak agar dosa saya hilang.
  5. Jika saya meninggal di rumah sakit saya ingin diperlakukan dengan baik.

Resp-11 : (Inisial:Ny W, Umur:73th, Sex: P status: Janda)

  1. Saya berharap sebelum meninggal dibacakan yasin terlebih dahulu.
  2. Anak-anak saya dan keluarga ikhlas dan mengurus kematian saya.
  3. Semua tetangga mau memaafkan kesalahan saya dan mengantarkan saya ke makam.
  4. Harapan saya disholatkan dan dikafani dan di makamkan sesuai islam.
  5. Saya ingin pak mantri mengurus saya dengan baik.

Resp-12: (Inisial:Tn.K, Umur:79th, Sex: L status: Duda)

  1. Saya ingin diyasinkan setiap hari dan dimakamkan dekat dengan isteri saya.
  2. Keluarga ikut memandikan dan memaafkan kesalahan saya dan ikhlas.
  3. Tetangga mau ikut mengurus kematian saya dan melayat.
  4. Saya ingin disholatkan dan dibacakan alqur’an.
  5. Saya dirawat dengan baik.

Resp-13: (Inisial:Tn.H Umur:69th, Sex: L status: Kawin)

  1. Seperti adat dan ajaran agama.
  2. Membacakan doa terus dan menylamati saya.
  3. Melayat dan ikut menyolatkan.
  4. Disholatkan.
  5. Saya diurus dengan baik.

Resp-14: (Inisial:Tn.B Umur:68th, Sex: L status: Kawin)

  1. Dimakamkan dekat dengan kakak saya.
  2. Keluarga mendoakan saya.
  3. Ikut membantu mengurus jenazah saya nanti dam menguburkan.
  4. Saya ingin disholatkan.
  5. Diperlakukan dengan baik.

Resp-15: (Inisial:Ny.Sw Umur:71th, Sex: P status: Kawin)

  1. Seperti biasanya orang meninggal.
  2. Didoakan dan dimakamkan.
  3. Tetangga melayat dan mendoakan saya.
  4. Saya disolatkan dan di adzankan.
  5. Dirawat dengan baik.

Resp-16: (Inisial:Ny.P Umur:74h, Sex: P status: Janda)

  1. Saya berharap diurus dengan baik oleh keluarga saya.
  2. Dimakamkan dekat dengan suami saya.
  3. Memaafkan kesalahan saya dan mensholatkan saya.
  4. Saya diadzankan.
  5. Saya diurus dengan baik.

Resp-17: (Inisial:Ny.Wi Umur:76h, Sex: P status: Janda)

  1. Saya ingin dimakamkan dan dikirimi doa.
  2. Anak-anak dan cucu ikhlas dan mendoakan serta mengurus saya dengan baik.
  3. Tetangga mau melayat dan mensholatkan saya.
  4. Saya disholatkan dan dimakamkan.
  5. Diurus dengan baik.

Resp-18: (Inisial:Ny.J,Umur:72h, Sex: P status: Kawin)

  1. Harapan saya diurus dengan baik dan dimakamkan.
  2. Saya ingin didoakan dan anak-anak saya ikut memandikan saya.
  3. Tetangga ikut menyolatkan saya.
  4. Diadzani dan dikubur sesuai islam.
  5. Saya dirawat dengan baik.

Resp-19: (Inisial:Ny.Tu,Umur:71th, Sex: P status: Janda)

  1. Harapan saya diperlakukan sesuai adat dan agama.
  2. Keluarga ikhlas dan mendoakan saya.
  3. Masyarakat mau ikut melayat dan membantu mengurus jenazah saya.
  4. Didoakan dan disholatkan dan dikubur.
  5. Diurus dengan baik.

Resp-20: (Inisial:Tn.D,Umur:75th, Sex: L,status: Duda)

  1. Harapan saya didoakan dan dimakamkan dekat dengan isteri saya.
  2. Harapan saya anak saya mengurus saya dan memakamkan saya dan mendoaakan saya.
  3. Tetangga mau melayat dan mensholatkan saya.
  4. Saya ingin disholatkan dan dimakamkan.
  5. Diperlakukan dengan baik.

Resp-21: (Inisial:Tn.Y,Umur:72th, Sex: L,status: Duda)

  1. Saya berharap diurus dan dimakamkan dengan baik.
  2. Keluarga ikhlas dan mendoakan dan memakamkan saya.
  3. Para tetangga ikut memakamkan saya.
  4. Saya ingin disholatkan dan dimakamkan.
  5. Diurus dengan baik dan diantar pulang.

Resp-22: (Inisial:Tn.Se,Umur:78th, Sex: L,status: kawin)

  1. Saya berharap disholatkan dan dimakamkan dengan baik.
  2. Anak-anak dan semua keluarga saya ikhlas dan mengurus jenazah saya dan memakamkan dengan baik.
  3. Tetangga ikut mensholatkan dan membantu memakamkan saya.
  4. Saya disholatkan dan dmakamkan.
  5. Diurus dengan baik sesuai agama saya.

Resp-23: (Inisial:Ny.Um,Umur:72th, Sex: P,status: kawin)

  1. Harapan saya diurus dan dimakamkan sesuai adat dan agama.
  2. Keluarga mengurus saya dan mendoakan serta memakamkan saya.
  3. Tetangga saya ikut melayat dan membantu memakamkan.
  4. Saya disholatkan dan didoakan.
  5. Diurus dengan baik dan dibawa pulang.

Resp-24: (Inisial:Ny.Am,Umur:76th, Sex: P,status: Janda)

  1. Saya berharap diurus layaknya orang meninggal dan dimakamkan.
  2. Keluarga ikhlas dan mendoakan, memakamkan saya.
  3. Masyarakat memaafkan,melayat mensholatkan.
  4. Saya disholatkan.
  5. Diurus sesuai agama dan adat saya.

Resp-25: (Inisial:Ny.Pa,Umur:74th, Sex: P,status: Janda)

  1. Dimakamkan.
  2. Anak saya mendoakan dan memakamkan dekat dengan suami saya.
  3. Melayat dan mendoakan saya.
  4. Disholatkan dan diurus sesuai ajaran agama.
  5. Saya diperlakukan baik dan dibawa pulang.

Tinggalkan Balasan

Kategori

